Posted by Zulfadli Zizar | 0 comments

Thank God - Part 2

Good Morning Guys,

Apa kabar di pagi yang cerah ini ? Gw mau melanjutkan post gw yang sebelumnya yang berjudul Thank God - Part 1

Ada sebuah ungkapan yang menyebutkan : "Semakin banyak yang kita dapatkan, semakin banyak pula yang kita inginkan". Ketika kita menginginkan sesuatu kemudian berhasil kita dapatkan, maka kita pun menginginkan sesuatu yang lain. Ketika itu pun sudah kita dapatkan, kita akan terus menginginkan sesuatu yang lain. Itulah siklus keinginan manusia yang tanpa ujung. Selalu saja ada sesuatu yang kita butuhkan untuk memuaskan hasrat seta keinginan kita.
Pertanyaannya kemudian, pernahkah kita meluangkan waktu sejenak untuk menerima dan mensyukuri nikmat yang telah Allah berikan kepada kita ?

Guys, ada beberapa kiat agar kita selalu bersyukur dalam segala kondisi :

1. Lihat semua yang kita miliki, bukan yang kita inginkan

Sering tidak kita sadari bahwa dalam diri kita ada potensi luar biasa yang telah Allah anugerahkan kepada kita. Kondisi fisik kita yang lengkap, sempurna dan sehat serta pancaindra kita yang berfungsi dengan baik adalah aset luar biasa yang kita miliki. Itu semua adalah potensi yang kita miliki. Kalau kita kembangkan potensi tersebut, akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Jika kita mampu melihat semua potensi yang kita miliki, maka kita akan senatiasa bersyukur atas nikmat Allah yang tak terhingga.
Jika kita melihat semua yang kita miliki, maka kuta akan selalu bersyukur, dan tidak akan lagi terbuai dengan angan-angan kosong berupa khayalan tentang semua yang kita inginkan.

2. Gali kelebihan kita, bukan menyesali kekurangan kita

Seseorang yang mampu memfokuskan diri pada apa yang menjadi kelebihannya, akan mencapai cita-cita yang diinginkan. Dia selalu melihat sisi positif dirinya. Dia tidak terpengaruh dengan omongan orang tentan kekurangan yang ada pada dirinnya. Alih-alih meratapi kekurangan, dia justru akan mengembangkan kelebihannya dan terus berusahan untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya. Setiap manusia adalah pribadi yang unik. Masing-masing memiliki kelebihan dan keurangan. Jika kelebihan yang menjadi fokus perhatian, maka sesorang akan lebih mudah untuk bersyukur. Tetapi, jika kekurangan yang terus menerus disesalkan, maka sesorang akan selalu mengeluh dan menggerutu.
Dengan demikian, di antara wujud syukur kita kepada Allah adalah dengan menggali seluruh potensi yang ada di dalam diri kita., berusaha keras mengembangkan dan memanfaatkan kelebihan yang kita miliki.

3. Yakin, masih banyak orang yang lebih menderita dibanding kita

Setiap manusia memiliki persoalan hidup masing-masing yang sedang dihadapinya. Jika kita tengah terbaring sakit beberapa hari ini, pikirkanlah orang lain yang saat ini beradal diruang ICU/UGD di sebuah rumah sakit. Jika kita mendapat pekerjaan dengan gaji kecil, lihatlah berapa banyak para pengangguran yang ada disekeliling kita. Jika kita saat ini masih tinggal di rumah kontrakan, lihatlah betapa banyak orang yang tinggal di kolong jembatan. Jika kita mengalami masalah dalam penglihatan karena menderita minus, maka lihatlah orang yang benar-benar tidak dapat melihat karena buta. Dan jika kita ke mana-mana masih jalan kaki, karena tidak memiliki kendaraan pribadi, seperti sepeda motor atau mobil misalnya, lihatlah mereka yang saat ini tengah lumpuh dan tidak bisa berjalan ke mana-mana, hanya lemah di atas tempat tidur.

Intinya, setiap kita merasa ada kekurangan dalam diri yang membuat kita menderita, lihatlah orang lain yang jauh lebih menderita dibanding kita. Dengan cara seperti ini, kita akan dapat selalu bersyukur setiap saat dalan segala kondisi. Dalam beberapa hal kita memang justru diperintahkan untuk melihat orang lain yang lebih tinggi dari kita. Ini juga merupakan cara kita untuk bersyukur kepada Allah. Ada dua kondisi yang diperbolehkan, bahkan dianjurkan bagi kita untuk melihat orang lain yang lebih tinggi dari kita, yaitu dalam urusan Ilmu dan Ibadah.
Pertama, kita dianjurkan untuk melihat orang yang lebih tinggi dari kita kualitas keilmuan seta pemahaman tentang pengetahuannya. Kita akan terus menemukan, ternyata di atas orang yang pintar masih ada yang lebih pintar, begitu seterusnya. Dengan demikian, kita akan terpacu untuk belajar dan belajar.
Kedua, kita hendaknya melihat orang lain yang lebih tinggi dari kita kualitas ibadahnya. Kita pun akan terus menemukan, ternyata di atas orang yang rajin beribadah masih ada lagi yang lebih rajin beribadah, begitu seterusnya. Dengan melihat kenyataan ini, kita akan terus semangat untuk meningkatkan kualitas ibadah kita.

Guys, itulah sekilas informasi mengenai bersyukur atas apa yang telah kita miliki. Apakah kalian sudah bersyukur pada pagi hari ini karena masih diberikan nikmat sehat oleh Allah untuk menjalani segala aktifitas di hari ini. Ucapkanlah "Alhamdulilahirobbilalamin".


Regards, see you in next post:)



0 comments:

Please submit your comments

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...